Selamat Datang



SELAMAT DATANG DI BALAI PELATIHAN PERTANIAN JAWA TENGAH

 Situs ini sebagai sarana interaksi online antara institusi kami dengan semua elemen masyarakat, khususnya masyarakat pertanian dan perkebunan.


Balai Pelatihan Pertanian (BAPELTAN) Jawa Tengah, di Soropadan adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi  Jawa Tengah, yang mempunyai tugas pokok melaksanakan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian dan Perkebunan di Wilayah Provinsi Jawa Tengah, Melalui Pemberdayaan Sumberdaya Manusia Pertanian dan Perkebunan
Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, Balai Pelatihan Pertanian (BAPELTAN) Jawa Tengah menyelenggarakan fungsi :

  • Penyiapan dan pelaksanaan program pemberdayaan sumber daya manusia pertanian dan Perkebunan di Jawa Tengah melalui kegiatan diklat dan non-diklat.
  • Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan di bidang teknis pertanian dan perkebunan untuk petugas/aparatur, petani dan pengusaha agribisnis berdasarkan program pembangunan sumber daya manusia pertanian di Jawa Tengah.
  • Pengelolaan informasi dan penyebaran inovasi teknologi di bidang pengembangan SDM pertanian.
  • Pelaksanaan urusan tata usaha Balai Pelatihan Pertanian (BAPELTAN) Jawa Tengah. 
Lingkup Tugas Balai Pelatihan Pertanian (BAPELTAN) adalah Memberdayakan Potensi Sumber Daya Manusia Pelaku Pertanian Serta Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Pertanian dan Perkebunan Dengan Petani Sebagai Stake Holder.

Dengan demikian diharapkan dapat terwujudnya :

  • Pengembangan sistem dan kelembagaan pengembangan sumber daya manusia pertanian dan Perkebunan di Jawa Tengah.
  • Peningkatan kompetensi ( pengetahuan, keterampilan dan sikap ) dan kinerja petani, petugas, tenaga fungsional pertanian dan stake holder lainnya sehingga mempunyai daya saing tinggi.
  • Terciptanya lingkungan kerja kondusif yang mampu memotivasi kreativitas petani, petugas pertanian dan stoke holder lainnya.
  • Terciptanya iklim usaha yang menguntungkan bagi petani/ pengusaha agribisnis lainnya.